Senin, 31 Agustus 2009

Yamaha Vega Berkaki Footstep Underbone



KOMPAS.com — Pantaslah kalau Yamaha Vega 1998 garapan Johny Lipurnomo ini dinobatkan sebagai The Best Region II di ajang Yamaha Mofest Modification Contest II di Bandung, Jawa Barat. Soalnya, banyak inovasi dilakukan pemilik rumah modifikasi Custom World ini.

Paling menyolok, perubahan bentuk secara drastis dari aslinya yang bebek menjadi model Transformers. Sepintas, modifikasi ini cuma ditopang komponen-komponen variasi. Tapi, Johny menantang untuk dijajal dengan ekstrem, termasuk stoppie (akrobatik dengan menukik seraya mengangkat roda belakang motor).

Terobosan lain, sistem suspensi yang monoshock dengan posisi di sebelah lengan ayun sebelah kiri. Begitu juga sokbreker depan tunggal. Desainnya di bawah setang (bagian atas) dengan sudut kemiringan sekitar 55 derajat. Bagian bawahnya berada di depan fork.

Menariknya lagi, Johny begitu berani memakai komponen variasi sebagai komponen vital. Coba perhatikan, foostep untuk Jupiter MX135 dijadikan lengan ayun, fork (penyangga sokbreker depan) dan penopang sadel (palang tengah).

Pertimbangan Johny, kuatnya foostep underbone dan ketebalan bahannya enggak lebih dari 8 mm. Terus, materialnya dari aluminium alloy. "Itu kalau dilihat sepintas. Saya sudah tambah ketebalannya supaya kuat," papar Johny.

Selamat, deh!

Tidak ada komentar: