Senin, 31 Agustus 2009

Honda Vario "Bugil"




KOMPAS.com — Motor tanpa cover bodi alias telanjang. Tampilannya seperti apa, ya? Untuk jenis sport, apalagi semi-moge, gaya ini mungkin tak jadi masalah karena masih ada tulang-belulangnya. Lain hal dengan skutik, tanpa mengenakan baju, tongkrongan jadi lucu.

Enggak percaya, silakan lihat Honda Vario 2007 milik Taufik, pria asli Singkawang, Kalimantan Barat, ini. Ketika memodifikasi skutik berlambang huruf "H", pemilik bengkel Kencana Sakti Motor ini sengaja memakai konsep telanjang.

Meski melenceng dari skuter yang memakai body work, menurut Taufik, karyanya itu bukan tanpa acuan. Ia membocorkan kalau sumber ide itu dari Honda Zoomer. Di Jepang, kendaraan ini dipakai buat mengangkat kayu.

Pertimbangan Taufik untuk anti-body work karena ia tidak telaten merawat bodi plastik. Kalau mentok-mentok, bodi lecet atau retak.

Dalam proses pembuatan sasis, ia mendapat kesulitan ketika memanjangkan bagian tengah, untuk mendapatkan kemiripan dengan Zoomer. Pemanjangan mencapai 25 cm. Trus, biar enggak kosong, ia bikin lambang independen di underbone.

Faktor kesulitan lain dialami kala membuat kaki-kaki belakang. Ia harus mengawinkan teromol belakang dan depan sekaligus. Sementara itu, kaki yang depan, tekniknya lebih mudah karena ada "T" segitiga, dan shock pakai punya motor China. Dengan kombinasi itu, kaki-kaki mudah dijejali ban lebar.

Bahan fiber dipakai untuk tangki bahan bakar yang ditempatkan di bawah setang. Unik!

Tidak ada komentar: